China Masukkan Teknologi Kuantum Jadi Ternologi Tinggi

Tiongkok berencana memasukkan teknologi kuantum jadi salah satu teknologi tinggi terbaru dalam Rencana Lima Tahun ke-14 tahun 2021-2025. Seorang pejabat senior yang ada di Kementerian Sains dan Teknologi Tiongkok (Ministry of Science and Technology; MOST) mengatakan kepada konferensi pers. Rencana lima tahun CRAZY CHINA (five-year plan; FYP) merupakan salah satu cetak biru kebijakan paling penting yang tetapkan tujuan jangka menengah guna pembangunan ekonomi serta sosial negara.

China-Masukkan-Teknologi-Kuantum-Menjadi-Ternologi-Tinggi

Mengembangkan teknologi mandiri juga di harapkan jadi salah satu prioritas utama dalam FYP ke-14. Qin Yong sebagai Direktur Departemen Teknologi Tinggi serta Baru di MOST, katakan bahwa Tiongkok akan lebih berpandangan ke depan. Serta dengan penuh semangat kembangkan generasi baru teknologi tinggi yang di wakilkan oleh teknologi cerdas dan kuantum.

Yang mana dalam lima tahun ke depan, berjuang agar memperoleh yang pertama yaitu keuntungan penggerak. Upaya harus di lakukan agar menjembatani kesenjangan yang antara permintaan pembangunan berkualitas tinggi serta kemampuan inovasi teknologi yang tidak mencukupi, ungkapnya. Presiden Tiongkok yaitu Xi Jinping menekankan tentang pentingnya dan urgensi guna memajukan pengembangan sains serta teknologi kuantum.

Baca Juga : Beberapa Inovasi Teknologi Canggih Yang Dibuat Oleh China

Kemajuan Sci-tech Di Buat Selama FYP Ke-13

China-Masukkan-Teknologi-Kuantum-Jadi-Ternologi-Tinggi

Dalam lima tahun terakhir, Tiongkok sudah membuat kemajuan yang sangat signifikan dalam membangun negara yang inovatif. Tentunya dengan kekuatan sains serta teknologinya terus meningkat terutama dalam hal indikator utama, kata Menteri Sains dan Teknologi yaitu Wang Zhigang. Dalam Indeks Inovasi Global yang mana di rilis oleh Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia atau World Intellectual Property Organization; WIPO. Peringkat Tiongkok juga melonjak dari 29 pada tahun 2015 jadi 14 pada tahun 2020.

Total pengeluaran negara untuk penelitian serta pengembangan (R&D) capai CNY 2,21 triliun (Rp4,8 ribu triliun). Yang mana menyumbang 2,23 persen dari PDB, lalu naik dari CNY1,42 triliun (Rp3,1 ribu triliun) serta 2,06 persen pada tahun 2015. Pengeluaran bruto guna penelitian dasar hampir dua kali lipat dari tahun 2015, capai CNY133,6 miliar (Rp293,6 triliun) di tahun 2019. Total nilai kontrak teknologi juga meningkat sebanyak dua kali lipat, juga melebihi CNY2,2 triliun (Rp4,8 ribu triliun) pada tahun 2019.

Prestasi penting sudah di buat dalam teknologi yang tinggi, seperti pendaratan Chang’e-4 pada sisi jauh bulan. Jaringan global sistem satelit navigasi BeiDou, penerbangan perdana jet penumpang besar buatan Tiongkok yang pertama C919. Serta pelayaran perdana Xuelong-2 menuju ke Kutub Selatan infobonechina.com.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *