Motor Buatan China Yang Pernah Terkenal Di Indonesia

Motor Buatan China – Di tahun 2000-an, motor China pernah eksis di Indonesia dan ikut meramaikan jagat pasar motor nasional. Beragam merek motor yang berasal dari Negeri Tirai Bambu bermunculan dan mencari peruntungan di Tanah Air. Kala itu, motor-motor China tersebut mengandalkan mesin dengan kapasitas mencapai 100 cc.

Motor-Buatan-China-Yang-Pernah-Terkenal-Di-Indonesia

Tidak begitu jauh beda dengan mesin C100 yang di miliki oleh Honda. Tetapi, seiring dengan perkembangan zaman, motor-motor China tersebut kalah saing dengan motor yang berasal dari Jepang. Berikut ini sudah CRAZY CHINA rangkum beberapa motor buatan China yang sempat populer di Indonesia.

Jialing

Jialing telah eksis di Indonesia semenjak tahun 1997. Bangau menjadi salah satu model yang di pasarkan Indonesia serta memiliki banyak peminat. Motor Bangau sendiri mempunyai bentuk yang sama seperti Supra X. Tidak hanya itu, Jialing juga pernah memproduksi motor Kancil. Di mana motor ala bebek trail dengan mesin 70cc. Juga memproduksi motor matic yang memiliki desain seperti Yamaha Fino. Jialing juga sudah di kenal sebagai produsen motor roda tiga untuk keperluang dagang.

Sanex

Sanex adalah produk yang di keluarkan oleh PT Sanex Qianjiang Motor International. Saat pertama kali menggebrak, mereka juga menawarkan varian motor bebek seperti Sierra, Sanex. Selain itu juga motor cruiser seperti motor matic Sanex QJ50 serta Sanex Flash. Di tengah transformasi yang di alami oleh Sanex pada tahun 2009, ternyata masih terdapat satu motor Sanex yang di buru oleh kolektor yaitu Sanex QJ50. Bagaimana tidak, motor ini menjadi motor matic 2 yang tidak mengandalkan mesin 50cc.

Baca Juga : China Ganti Chip Dari AMD Dan Intel Di Komputer

Tossa

Sama halnya seperti motor China lain, Tossa juga di ketahui menjiplak desain motor Jepang. Tidak hanya desain tetapi namanya juga mirip-mirip. Contohnya saja, mereka pernah meniru Honda Karisma dengan cara membuat Tossa Krisma. Namun, kebiasaan mereka menjiplak nama tersebut sempat buat Honda marah lalu mengajukan gugatan. Kini, Tossa banyak memproduksi motor dengan roda tiga untuk keperluan niaga.

Shanghai

Motor-Buatan-China-Yang-Pernah-Populer-Di-Indonesia

Shanghai pernah produksi motor yang desainnya cukup mirip dengan Yamaha Jupiter Z yaitu Shanghai Jetta 125. Tidak hanya itu, mereka juga pernah produksi Shanghai Focus yang terlihat mirip dengan Yamaha F1ZR. Tetapi, tetap ada perbedaan yang di buat oleh Shanghai. Untuk Shanghai Focus sendiri mereka memakai mesin 4 tak. Tetapi dengan knalpot yang menggelembung ala 2 tak. Merek ini mengadopsi nama dari salah satu kota di China yaitu Shanghai.

Itulah beberapa motor China yang pernah eksis di Indonesia. Akibat kualitas serta layanan purna jual yang buruk, maka merek-merek ini kemudian perlahan mulai berguguran kabarchina.com.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *