China Terapkan Teknologi AI Pada Ekonomo Riil

China Terapkan Teknologi AI – Pada sebuah pusat logistik milik grup perawatan kesehatan yang ada di China. Ada sejumlah robot otonomos yang membawa rak serta kontainer keluar dari gudang. Di mana sebuah tugas yang sebelumnya mengharuskan para pekerja manusia agar melakukan sekitar 30.000 langkah pada setiap hari.

China-Terapkan-Teknologi-AI-Pada-Ekonomi-Riil

Robot kecerdasan buatan (AI/artificial intelligence) yang mana di kembangkan oleh perusahaan AI CRAZY CHINA yaitu Megvii. Membantu pusat logistik tersebut untuk mengurangi kesulitan serta biaya tenaga kerja juga meningkatkan efisiensi kerja. Selain itu, mempromosikan transformasinya dari otomatisasi jadi kecerdasan.

Penerapan AI

Changsha yang merupakan ibu kota Provinsi Hunan, China tengah sudah jadi tempat uji coba untuk sejumlah kategori kendaraan pintar. Di mana termasuk bus swakemudi yang berjalan pada jalur demonstrasi bus pintar jalan terbuka pertama yang ada di China. Menurut juru bicara Pusat Inovasi Teknologi Cerdas Xiangjiang. Bahwa Jalur demonstrasi bus pintar, yang mana di bangun oleh Kawasan Baru Xiangjiang mempunyai panjang yaitu 7,8 kilometer serta 22 pemberhentian di kedua arah.

Tetapi, kursi pengemudi tidak kosong namun ditempati oleh “petugas keselamatan”. Rem, Katup gas (throttle), roda kemudi serta tuas persneling di kendaraan otonomos ini seluruhnya telah diatur oleh computer. Sehingga memungkinkan “pengemudi” agar mengawasi sejumlah keadaan dengan lebih baik selama uji operasi (test drive). Itu menurut He Jiancheng yang adalah salah satu petugas keselamatan.

Baca Juga : Kecanggihan Teknologi Buatan China Tingkatkan Perekonomian

“Adapun tugas utama saya yaitu untuk mengatasi sejumlah situasi tidak terduga yang mungkin dihadapi oleh kendaraan tersebut,” ungkapnya. Di mana, berupaya utnuk mempercepat pengembangan aplikasi AI serta mendorong pertumbuhan ekonomi. Juga Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi China baru saja mengumumkan batch pertama dari adanya 10 skenario aplikasi demonstrasi AI. Termasuk juga pabrik pintar, pertanian pintar serta pengemudian otonomos.

“Teknologi AI juga harus dikombinasikan dengan skenario aplikasi tentunya jika ingin memainkan peran terbesarnya”. ungkap Ren Aiguang selaku pejabat Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China. “Lalu Keunggulan China dalam pengembangan AI berada pada kekayaan skenario aplikasinya yang mana dibentuk selama terjadi peningkatan cerdas ekonomi riil.”

Ada 500 Set Lebih Robot Cerdas

China-Menerapkan-Teknologi-AI-Pada-Ekonomi-Riil

Di Konferensi Robot Dunia (World Robot Conference) tahun 2022, ada lebih dari 500 set robot cerdas yang di kerahkan dalam skenario aplikasi simulasi. Yang mana untuk sejumlah industri, termasuk juga robot biomimetik mutakhir, robot pertanian dan robot medis. Robot-robot seperti robot pengisian dengan bahan bakar cerdas serta lumba-lumba tanpa sirip bionic. Dibuat berdasarkan teknologi penerbangan yang menarik banyak sekali perhatian. Robot pengisian bahan bakar cerdas yaitu bisa dipakai di stasiun pengisian bahan bakar (SPBU) tanpa adanya petugas.

“Mempercepat inovasi skenario adalah kekuatan pendorong utama guna meningkatkan teknologi AI serta pengembangan industri. Juga Inovasi skenario AI pada industri-industri utama akan mendorong integrasi yang mendalam antara AI serta ekonomi riil. Juga meletakkan dasar yang kokoh untuk pembangunan berkualitas yang tinggi di China,” ungkap Fu Yingbo selaku presiden Megvii kabarchina.com.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *